Slide Show

Saturday, 10 January 2015

Mendalami "Liburan Seniman"



Save The Date

Apa kabar? Selamat Liburan Seniman. Yah saat ini Teater Tangga sedang "Liburan", ya Teater Tangga sedang berproses dengan menggarap sebuah naskah yang berjudul "Liburan Seniman" karya Usmar Ismail, seperti yang sudah dijelasin sedikit di postingan sebelumnya kalo naskah ini adalah naskah tahun 40-an. Nah disini tantangan buat para aktornya adalah menghapal dialog dengan gaya bahasa tahun 40-an, ngga cuman itu aja para aktor juga harus terbiasa buat memakai bahasa ini kalo perlu jadi bahasa sehari-hari mereka, kebayang kan gimana proses hapalannya. Saat ini proses kami udah berjalan kurang lebih sekitar 40 hari, dan latihannya juga udah mulai intens dari senin sampe sabtu. Sekarang Pak Sutradara dan Mas Astrada sedang fokus buat nggarap Babak ke 2, selain itu Pak Sutradara juga fokus di pendalaman karakter tiap tokoh yang ada di naskah, berarti Pak Sutradara dan Mas Astrada harus menggarap pendalaman karakter 11 tokoh, bener-bener kerja keras kan.

Ngga cuma Aktor, Sutradara dan Astrada aja yang kerja keras buat pentas ini tapi Tim Produksi dan Tim Artistik juga sama kerja kerasnya. Meskipun jadi para tokoh dibalik layar semangat Tim Produksi dan Tim Artistik ngga kalah sama aktor-aktornya, kami sama-sama ingin memberikan yang terbaik buat penonton nanti. Saat ini Tim Produksi dan Tim Artistik sudah mulai melangkah buat ngejalanin konsep-konsep yang udah dibuat sebelumnya, rapat-rapat produksi juga berjalan rutin sesuai dengan kebutuhan Tim. Tim Produksi juga sudah mulai nyebar proposal sponsorship, mikirin gimana caranya mendapatkan banyak penonton, sedangkan Tim Artistik sudah mulai mewujudkan kosep mereka di panggung latihan. Ngga ada proses yang instan dan gampang kan, jadi setiap proses yang dijalanin itu pasti begini, "bersakit dahulu senang akan datang, susah-susah dulu baru senang kemudian". Intinya dalam proses ini kita sama-sama belajar, saling memahami, saling ngingetin tugas masing-masing, dan punya tujuan yang sama.

Cuma bisa ngasih saran buat "Save the Date" tanggal 7 Maret 2015, see you there!!! Yang pada penasaran, silahkan datang buat lihat hasil dari proses kami ini. Selamat Liburan Senimaan!!!

Please remember to "Save the Date" :D

 
by:
Selly Malinda

Monday, 24 November 2014

Pentas “Liburan Seniman” 2015

Ditulis oleh: Intan Permata Sari

Proses produksi pentas ‘’ liburan seniman’’ sudah berjalan 2 minggu. Tim produksi ini dipimpin oleh pimpinan produksi ‘’Aziz Reza Randisa’’, sutradara ‘’Muhammad dynta’’ dan Asisten Sutradara ‘’Iradat Ungkai Megah’’ serta Stage Manager ‘’Sri’’. Rencana pementasan ‘’Liburan Seniman’’ yaitu pada tanggal 22-28 februari 2015.  Tanggal ini belum pasti karena akan ada perubahan mengenai tanggal nantinya.
Proses produksi ini akan memakan waktu 3 bulan lamanya. Tahap pertama proses produksi ini yaitu pemilihan naskah. Tidak mudah untuk memantapkan naskah ‘’Liburan Seniman’’ menjadi naskah pilihan kami untuk di pentaskan. Ada beberpa tahap yang harus kami lalui sebelum meng-fixan naskah tersebut. Tahap awal, mencari naskah sesuai dengan kriteria yang kami tentukan. Tahap kedua, setelah naskah terkumpul kami melakukan reading naskah secara bertahap. Tahap ketiga, brainstorming mengenai naskah dan memilah-milih naskah mana yang masuk dalam kriteria yang kami inginkan. Dan akhirnya setelah melalui 3 tahap tersebut, naskah liburan seniman karya Usmar Ismail menjadi pilihan kami untuk di pentaskan.
Naskah liburan seniman ini terdiri dari 11 aktor. Sinopsis naskah ini yaitu bercerita tentang  perjuangan para angkatan muda untuk menunjukkan eksistensinya dalam perjuangan menegakkan negeri tercinta. Sikap keras kepala yang ditunjukkan oleh tokoh-tokoh muda seperti Suromo, Kajiman, dan Kanto terhadap Kertalasmana merupakan gambaran umum yang terjadi pada masa itu. Melalui drama ini, Usmar Ismail ingin menunjukkan idealisme angkatan muda yang lebih mengutamakan sisi keegoisan mereka.
Setelah menentukan naskah liburan seniman, kami melakukan bedah naskah dengan cara mencari aritikel-artikel tahun 1940-1950 an yang meliputi budaya dan bahasa, sejarah kelompok teater di Indonesia tahun 40-50 an,  keadaan sistem perpolitikan Indonesia tahun 40-50 an, konflik secara general tahun 40-50 an, dan histografi penulis. Dengan adanya artikel ini akan mempermudahkan kami untuk memamahi lebih mendalam mengenai naskah Liburan Seniman ini.


REFERENSI
http://nyanyianbahasa.wordpress.com/2009/09/14/liburan-seniman-cermin-pergerakan-bangsa/